Kejutan Gabung ODOP Blogger Squad

1 komentar
Kejutan gabung ODOP Blogger Squad besutan komunitas One Day One Post (ODOP) benar-benar emak rasakan.
Bagaimana tidak? Pada kesempatan kedua kali ini emak dibuat mengharu biru hingga berlinang air mata. Why? Mengapa? Inilah kejutan luar biasa yang emak rasakan,  Maksay.

Bukan Squad Sembarangan

Ya, ODOP Blogger Squad atau yang lebih familiar dengan sebutan OBS adalah salah satu program yang diusung oleh ODOP. Sesuai dengan namanya, kelas ini memfokuskan pada pengembangan skill anggota dalam dunia bloging. 

Meski berjalan secara daring melalui grup WhatsApp, squad ini sangat berkualitas. Baik dari segi materi maupun penugasan. Para punggawa OBS : Mbak Marita, Mbak Jihan, Bang Baim, dan Mbak Ciani benar-benar memberikan best dedication-nya.

Mengapa emak sebut bukan squad sembarangan?

Pertama, wajib blog ber-TLD.

Syarat pertama masuk squad ini tidak tanggung-tanggung, kami harus punya blog ber-TLD alias Top Level Domain. Domain berbayar. Syarat mutlak, begitu ungkap salah satu admin. Jika tidak, depak. Dan Maksay tahu? Pekan pertama itu banyak teman-teman yang terdepak.

Ini adalah kejutan emak yang pertama, berani men-TLD-kan blog yang emak daftarkan. Blog restantidwi.blogspot.com menjadi makemak.my.id. Dengan demikian emak resmi mempunya dua blog ber-TLD. emakguru.com dan makemak.my.id.

Alasan kedua, materi dan tugas berkualitas.

Sesuai tujuan OBS, salah satunya menjadi blogger yang naik kelas maka materi dan tugas yang diberikan benar-benar berkualitas. Mulai dari dasar hingga penguasaan SEO.

Maksay tahulah bagaimana emak selama ini kalau ngeblog. Asal tulis dan posting begitu saja. Sekarang? Ya meskipun belum signifikan perubahannya tapi sudah lebih baik dari sebelumnya. Setidaknya sudah riset keyword, minimal 500 kata, menerapkan SEO onpage mulai dari judul yang mudah dilacak,  mengatur permalink, deskripsi penelusuran, pengaturan image, hingga cek persebaran keyword.

Nah, sudah banyak saja materi yang emak sebut padahal belum termasuk bab backlink, Google Analytic UA, G4 lho. Benar-benar berkualitas kan, Maksay?

Penugasannya? Jangan tanyakan. Tugas yang diberikan adalah mempraktikkan materi yang telah disampaikan. Plus pemberian batas waktu yang pengerjaan.  Ngeri-ngeri sedap, begitulah Maksay.

Ketiga, squad rasa saudara.

Ini yang buat emak semakin nyaman dan semoga betah sampai selesai. Tidak ada senior junior di OBS. Yang ada adalah sharing ilmu. Siapa pun bisa berbagi ilmu dan informasi yang dimiliki. Siapa saja boleh bertanya seputar perbloggingan dalam grup. Diskusinya asyik. Santai tapi berisi, ndaging begitu istilahnya.

Oh ya, Maksay. Ada satu hal yang benar-benar menjadi kejutan buat emak selama gabung di OBS ini. Canva Pro.

Lho kok Canva Pro, Mak? 

Iya, Maksay tidak salah baca. Canva Pro, aplikasi edit gambar yang sering kita dengar. Emak dapat sharing gratis aplikasi ini berkat perantara OBS. Salah satu admin, Bang Baim membagikan info link sharing gratis Canva Pro di grup. Dan emak sangat beruntung mendapatkan aplikasi ini free, tanpa bayar sepeser pun selama setahun. Padahal jika berlangganan harus merogoh kocek sebesar 75 ribu rupiah perbulan. Ini emak dapat gratis selama setahun. Amazing. Emak sampai mengharu biru dan meneteskan air mata hari itu. Saking terharunya mendapat aplikasi yang benar-benar emak inginkan. Akhirnya emak bisa buat gambar avatar sesuai video tutorial di Youtube. 

OBS memang squad luar biasa. Semoga seluruh punggawa mendapat keberkahan atas action yang diberikan. Kami, para member merasakan kejutan gabung ODOP Blogger Squad dan dapat membanggakan. Love you full OBS! 
Restanti
Hi perkenalkan saya Mak Restanti, seorang ibu yang ingin jadi guru utama bagi anak-anak, freelance Content Writer, dan juga emakblogger. Segala yang berkaitan dengan profesionalitas sila tulis surel ke dwirestanti@gmail.com

Related Posts

1 komentar

Posting Komentar