Penting Tulis Saja

8 komentar

Kopling. Apa yang terlintas di kepala saat mendengar kata satu ini?

Yup, benar. Yakin 100% jawabannya adalah bagian kendaraan bermotor yang dipakai untuk mengatur perpindahan gigi persneling guna mengatur kecepatan maju dan mundur. Iya kan?

Tahukah, ternyata khusus di sebuah kota kecil nan asri di bawah kaki gunung Wilis bagian utara kata ini mempunyai makna lain. Komunitas Pejuang Literasi Kabupaten Nganjuk adalah kepanjangan dari 'Kopling' demikian tutur Novarina salah satu penggeraknya saat diwawancarai Radar Nganjuk yang terbit hari Minggu, 21 April 2019 lalu. Nah, beda jauh ya?

Apa sih 'kopling' versi ini?
Komunitas yang lahir karena kegalauan tiga orang pecinta literasi yaitu Nova, Agus Heri, dan Heru melihat banyaknya bakat-bakat kepenulisan belum terwadahi khususnya lokal Nganjuk. Mereka yakin, walau di kota kecil jika ada tempat untuk belajar dan saling berbagi maka akan muncul karya-karya luar biasa.

Apa saja agendanya?
Meski terbilang baru, tidak main-main keseriusan para koplinger's (sebutan untuk para anggota) dalam menggeliatkan literasi di Nganjuk. Salah satu agenda wajib adalah minimal mempost satu tulisan setiap pekan dengan kategori bebas. Fiksi atau non fiksi. Mau essai, cerpen, atau puisi boleh saja. Jenis yang lain? Bebas. Karena tujuan utama adalah mewadahi siapa saja warga Nganjuk yang tertarik dengan dunia kepenulisan. Berpengalaman atau belum, sudah menerbitkan buku atau belum, tidak menjadi masalah. Patokannya hanya satu, mau menulis dan ini yang terpenting.

Benarkah? Iya, sesimpel ini untuk menjadi anggota. Penting tulis saja. Bagus atau belum, sesuai kaidah PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia) yang berlaku atau belum, menarik atau belum, semuanya akan dibedah dalam grup whastapp secara timbal balik antar anggota. Link post tulisan akan dishare kemudian saling membaca lanjut memberikan apresiasi, saran, dan masukan. Dengan cara seperti ini diharapkan ada peningkatan bobot tulisan dan saling support sehingga literasi di kota angin semakin menggeliat serta muncul penulis-penulis handal kebanggaan Nganjuk.

Restanti
23/04/2019 22:07
Salam Koplinger's

Restanti
Restanti
Hi perkenalkan saya Restanti, seorang ibu yang ingin jadi guru utama bagi anak-anak, freelance Content Writer, dan juga blogger nubi. Segala yang berkaitan dengan profesionalitas sila tulis surel ke dwirestanti@gmail.com

Related Posts

8 komentar

Posting Komentar