Mengajarkan Kebaikan

Posting Komentar

Tentu. Semua orang tua pasti ingin mengajarkan kebaikan kepada seluruh anak-anaknya. Termasuk saya, dan juga bunda sekalian kan?

Kalau boleh jujur, kebaikan apa saja yang sudah bunda ajarkan? Dilist yuk! Misalnya seperti ini :
1. Berdoa sebelum makan
2. Bersalaman saat hendak ke sekolah
3. Mengucapkan salam ketika masuk rumah
4. ....
5. .... dst.

Mengapa perlu dibuat list? Agar kita sebagai orang tua tahu kebaikan apa yang belum kita ajarkan. Kebaikan mana yang masih perlu kita dampingi, kebaikan mana yang sudah biasa dikerjakan anak. Intinya, untuk memonitor sejauh mana perkembangan perilaku anak kita.

Lantas, apakah kita sudah tahu semua kebaikan yang harus diajarkan kepada mereka? Secara naluri, pasti kita sudah tahu tapi beberapa akan saya sampaikan agar membantu bunda semua. Berikut kebaikan-kebaikan yang perlu diajarkan kepada anak :

1. Beribadah
Sebagai seorang muslim, tentu ibadah wajib harian adalah sholat. Sehari 5 waktu, memang berat awalnya bagi anak. Apalagi di masa ia sedang asyik-asyiknya bermain. Namun kita tetap harus mengingatkannya, seseru apa pun dia bermain. Agar lebih mudah, ajaklah sholat bersama kita. Mengingat dia sedang bermain, maka durasi sholat kita jangan terlalu lama  agar dia tidak gelisah, cepat-cepat ingin bermain kembali.

2. Berdoa
Apapun kegiatan selalu awali dan akhiri dengan doa. Dalam Islam, ada banyak doa yang bisa diajarkan. Perlahan tambahkan bacaan doa kepadanya. Namun, jika masih belum memungkinkan cukup awali dengan bismillah dan akhiri dengan hamdallah.

3. Biasakan mengucap maaf, tolong, dan terima kasih
Kelihatannya sepele, namun efek terbiasa mengucapkan maaf saat ia merasa bersalah, tolong saat memerlukan bantuan, dan terima kasih saat merasa terbantu sangat luar biasa. Anak akan tumbuh menjadi anak yang menghargai orang lain dan bisa menempatkan diri.

4. Berbagi
Jika anak sudah terbiasa berbagi maka dia akan tumbuh menjadi insan dengan empati yang tinggi. Bisa merasakan apa yang dialami orang-orang di sekitarnya. Bisa bersosialisasi.

5. Menghargai milik orang lain
Meminjam, minta tolong adalah beberapa wujud menghargai milik orang lain. Tidak semaunya sendiri mengambil dan memakai sesuatu yang bukan miliknya. Ada sopan santun yang harus dilakukan saat membutuhkan barang yang bukan miliknya.

Itulah beberapa kebaikan yang harus diajarkan orang tua kepada anak, selain kebiasaan lain yang tentunya masih banyak lagi. Jangan pernah bosan untuk mendidik anak agar menjadi lebih baik lagi. Tentunya semua itu dimulai dari dalam diri kita sendiri. Uswatun hasanah.

#24/30DWCJILID6

Restanti
Restanti
Hi perkenalkan saya Restanti, seorang ibu yang ingin jadi guru utama bagi anak-anak, freelance Content Writer, dan juga blogger nubi. Segala yang berkaitan dengan profesionalitas sila tulis surel ke dwirestanti@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar