Hari Efektif Fakultatif

Posting Komentar

"Yeee...sebentar lagi gak ada pelajaran," begitu girangnya beberapa murid sekolah dasar di sela-sela obrolannya.

Mengapa tidak ada pelajaran? Apa ya? Ah iya, pasti berhubungan dengan bulan ramadhan. Tapi, mengapa?

Mulai tanggal 27 Mei 2017 kemarin, umat Islam di seluruh dunia mulai menjalankan ibadah puasa wajib. Puasa di bulan ramadhan. Menahan segala hawa nafsu baik syahwat maupun ragawi mulai dari terbitnya fajar shodiq sampai terbenamnya matahari. Bulan penuh keberkahan.

Demikian juga dengan lingkungan pendidikan. Sekolah. Disambut dengan suka cita, baik oleh guru maupun muridnya. Dalam bulan puasa, memang ada istilah hari efektif fakultatif (HEF). Dimana pada umumnya banyak sekolah yang mengambil keputusan mengurangi jumlah pelajaran di kelas baik dengan memangkas jam pelajaran dari 45 menit per satu jam pelajaran menjadi 35 menit per jam pelajaran. Atau dengan mengurangi jumlah mata pelajaran yang diajarkan, dari 8 jampel menjadi 4-5 jam pelajaran.

Apa sih HEF itu?
Hari Efektif Fakultatif adalah istilah dalam dunia pendidikan ketika bulan ramadhan tiba. Sekolah diberi kebebasan untuk mengisi kegiatan selama puasa berlangsung. Bisa dengan mengisi kegiatan - kegiatan yang berkaitan dengan puasa. Misalnya pembuatan kerajinan dari kertas atau kegiatan pondok kilat. Bebas. Yang terpenting tetap masuk sekolah.

Namun ada beberapa sekolah yang memilih untuk memberikan tugas belajar di rumah selama HEF ini. Biasanya di pondok - pondok pesantren. Selain alasan agar lebih terfokus beribadah juga karena para santri dan santriwannya berasal dari kota - kota yang jauh. Memberi kesempatan agar berkumpul dengan keluarga saat berpuasa.

Umumnya HEF setelah libur awal puasa dan sebelum libur sekitar hari raya. Untuk tahun ini,  HEF dimulai tanggal 29bMei 2017 sampai dengan 17 Juni 2017.

#16/30DWCJILID6

Restanti
Restanti
Hi perkenalkan saya Restanti, seorang ibu yang ingin jadi guru utama bagi anak-anak, freelance Content Writer, dan juga blogger nubi. Segala yang berkaitan dengan profesionalitas sila tulis surel ke dwirestanti@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar