Yuk, Daftar Sekolah!

Posting Komentar

Ujian Sekolah Berstandar Nasional semua jenjang pendidikan telah usai. Baik SD,  SMP,  ataupun SMA/SMK. tu artinya, satu langkah lagi sudah kelulusan. Ada 'usai' berarti akan ada 'mulai'.

Setelah ada pengumuman kelulusan, tentu akan ada keribetan pendaftaran ke jenjang pendidikan berikutnya. Mencari sekolah selanjutnya tidak lebih mudah daripada menghadapi ujian. Sama-sama butuh tenaga dan persiapan yang ekstra.
Beberapa hal yang sering menjadi pertanyaan orang tua adalah : kapan tanggal pendaftaran dimulai? apa saja persyaratannya? apa yang harus dibawa? dan yang paling akhir tentunya, membutuhkan biaya berapa?

Pertanyaan-pertanyaan ini lazim keluar menjelang awal tahun pelajaran baru. Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 17 tahun 2017 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru pada Taman Kanak-kanak,  Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Kejuruan, atau bentuk lain yang sederajat tertanggal 5 Mei 2017 maka pelaksanaan PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) akan dilaksanakan antar bulan Juni -  Juli 2017. Jika mengacu pada kalender pendidikan, maka pendaftaran akan dibuka antara tanggal 15-18 Juni 2017.
Di dalam Permen ini dijelaskan beberapa persyaratan mendaftar menjadi peserta didik baru antara lain berusia 4 -  5 tahun untuk TK (Taman Kanak-kanak) kelompok A dan usia 5 - 6 tahun untuk kelompok B. Sedangkan SD (Sekolah Dasar) usia 7 tahun wajib diterima, paling rendah 6 tahun per tanggal 1 Juli 2017. Jika pun ada yang kurang dari 6 tahun harus memiliki kecerdasan istimewa / bakat istimewa atau kesiapan belajar, hal ini dibuktikan dengan rwkomendasi tertulis dari psikologi profesional.

Untuk SMP (Sekolah Menengah Pertama) memberikan sayarat usia maksimal 15 tahun serta memiliki ijazah / STTB (Surat Tanda Tamat Belajar)  SD atau bentuk lain yang sederajat. Sementara SMA (Sekolah Menengah Atas) /SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) dibatasi usia paling banyak 21 tahun dan memiliki ijazah / STTB SMP atau bentuk lain yang sederajat. Khusus untuk SMK diperbolehkan menetapkan persyaratan khusus.

Khusus untuk jenjang SD ada ketentuan tidak diperbolehkan mengadakan seleksi yang melibatkan kemampuan membaca, menulis, dan berhitung. Jadi tidak perlu berkecil hati jika mempunyai anak usia masuk SD namun belum bisa calistung. Hal ini bukan menjadi pertimbangan diterima atau tidaknya di sekolah tersebut.

Berikut link salinan Permendikbud tentang PPDB 2017 :
http://setjen.kemdikbud.go.id/setjen/downlot.php?file=PPDB.pdf

Yuk, daftar sekolah!

#02/30DWCjilid6
#02/100mom.writer
#writerinspirasi #mom.writer  #sekolahasyik #sekolahnyamanusia

Restanti
Restanti
Hi perkenalkan saya Restanti, seorang ibu yang ingin jadi guru utama bagi anak-anak, freelance Content Writer, dan juga blogger nubi. Segala yang berkaitan dengan profesionalitas sila tulis surel ke dwirestanti@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar