Puasa Pertama

Posting Komentar


Marhaban ya Ramadhan, selamat datang dan berjumpa kembali dengan bulan ramadhan yang penuh berkah. Bulan puasa yang sangat dinantikan umat Islam di dunia.

Adakah dari kita yang mempunyai buah hati yang baru pertama berpuasa tahun ini? Kapan ya usia untuk melatih mereka puasa? Adakah tips-tips mengenai hal ini?

Selamat buat bunda yang ramadhan kali ini melatih putra-putrinya berpuasa. Setidaknya usia anak sekitar 4-5 tahun. Meski mungkin ada yang kurang dari 4 tahun. Berapa pun usia mereka, tidak masalah yang terpenting anak tidak dipaksakan berpuasa. Apalagi puasa penuh.

Awali dengan memberi pengertian mengapa dia harus berpuasa. Beberapa hal yang bisa disampaikan antara lain bahwa puasa adalah salah satu rukun Islam yang keempat. Seperti sholat, puasa juga perlu belajar.

Saat sahur, bangunkan mereka dengan lembut. Susah biasanya di hari pertama karena belum terbiasa. Menjanjikan sesuatu bolehlah dengan tujuan baik agar si dia mau bangun dan makan sahur dengan lahap. Setelah bangun, sajikan makanan kesukaannya, dan tentunya diakhiri dengan segelas susu agar tidak mudah lapar.

Sambil menunggu waktu subuh, ajaklah membaca atau mendengarkan murattal Al quran. Atau jika masih terbawa hawa mengantuk, bolehlah diajak main game. Tentunya game yang tidak banyak mengeluarkan tenaga misalnya ular tangga, dakon, atau monopoli.

Saat kumandang adzan subuh terdengar bergegas tuntun agar sholat berjamaah, syukur kalau mau ke masjid tapi di rumah juga tidak apa-apa. Kemudian agar tambah fresh, jalan-jalan menghirup udara segar. Melintas jalan yang tidak biasa dilalui.

Beri kegiatan selama waktu puasa. Sediakan permainan-permainan yang dapat membuat anak lupa bahwa dia sedang berpuasa.

Ini yang terpenting, sajikan menu buka puasa yang spesial. Sehingga anak semakin semangat berpuasa. Janjikan padanya sebuah hal besar seandainya anak berpuasa sebulan penuh.

Puasa dimaksudkan agar kita semakin mendekat kepada Sang Khalik dan bisa berempati kepada mereka yang masih berkekurangan. Sehingga akhirnya akan biasa untuk berbagi kepada sesama.

#10/30DWCjilid6

Restanti
Restanti
Hi perkenalkan saya Restanti, seorang ibu yang ingin jadi guru utama bagi anak-anak, freelance Content Writer, dan juga blogger nubi. Segala yang berkaitan dengan profesionalitas sila tulis surel ke dwirestanti@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar