Persaingan Umar bin Khatab dengan Abu Bakar

Posting Komentar

Kita tahu, siapa dua sahabat Rosululllah ini. Dua orang yang sama-sama dekatnya dengan nabi akhir zaman ini. Namun ada satu hal yang mereka saling bersaing, terutama dari Umar. Ia ingin mengalahkan Abu Bakar dalam hal bersedekah.

Maka suatu ketika Baginda Nabi mengutus setiap orang untuk bersedekah. Umar melihat ada kesempatan untuk bisa melebihi Abu Bakar. Ia sangat ingin bisa lebih, karena selama ini ia merasa selalu kalah dengannya dalam hal kebaikan.

Umar merenung dan berpikir, akhirnya ia memutuskan untuk menyedekahkan setengah dari harta yang dimiliki. Dia pun berharap apa yang ia sedekahkan bisa melebihi sedekah Abu Bakar.
"Apa yang kau sisakan untuk keluarga wahai Umar?" tanya Rosululllah saat menerima sedekah dari Umar.
"Ada ya Rosululllah," Umar menyahuti.
"Seberapa?" Rosululllah ingin tahu.
"Setengah dari semua hartaku ya Rosululllah" Umar akhirnya menjelaskan. Tak lama kemudian datanglah Abu Bakar dengan membawa banyak harta benda yang ingin disedekahkan. Dalam hati, Umar sedikit risau tapi ia yakin sedekahnya kali ini bisa melebihi Abu Bakar.

Pertanyaan yang sama diajukan Rosululllah kepada Abu Bakar tentang harta yang ditinggalkan untuk keluarganya.
"Aku tinggalkan mereka bersama Allah dan Rosulnya" sambung Abu Bakar.
Sontak hal ini membuat Umar bin Khatab menangis. Ia tidak bisa melebihi Abu Bakar, juga kali ini. Bersedekah. Dari jawabannya, jelas ia tidak menyisakan sedikit pun harta untuk keluarganya. Abu Bakar percaya Allah dan Rosulnya akan menjaga mereka.

#11/30DWCjilid6
#bukuanak #dongeng #kisah

Restanti
Restanti
Hi perkenalkan saya Restanti, seorang ibu yang ingin jadi guru utama bagi anak-anak, freelance Content Writer, dan juga blogger nubi. Segala yang berkaitan dengan profesionalitas sila tulis surel ke dwirestanti@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar