Permainan Generasi Y-O-S-A-N

Posting Komentar

Pernah dengarkah, kata ini? Congkak. Sombong? Angkuh?  Bukan,  ini sama artinya dengan memindahkan satubiji kopi/salak dari satu lubang ke lubang yang lain.
Nah...iya, di daerah kami ada yang menyebutkan dakon, dhakon, atau dakhonan. Di daerah Sumatera yang berkebudayaan Melayu disebut congkak. Di sekitar Jaea, ada yang mengatakan congklak.
Ya, ini adalah jenis permainan tradisional era tabun 90an yang sangat seru. Melatih kesabaran dan keikhlasan. Sebenarnya, permainan ini sudah lama ada, jauh sebelum erao 90an. Sebelum Indonesia merdeka. Why? Karena menurut kisah, congklak ini dibawa oleh orang - orang Arab yang singgah di kota-kota untuk berdakwah sekaligus mempunyai misi dagang yang luar biasa. Mereka tak mau rugi.
Kembali ke congkak. Tahukah? Bahwa permainan ini sangat jarang saat ini. Tak banyak generasi millinium yang tahu apalagi memainkankannya.

Restanti
Restanti
Hi perkenalkan saya Restanti, seorang ibu yang ingin jadi guru utama bagi anak-anak, freelance Content Writer, dan juga blogger nubi. Segala yang berkaitan dengan profesionalitas sila tulis surel ke dwirestanti@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar