Ke'aku'an Anak

Posting Komentar

Mom, pernahkah merasa anak kita mulai membangkang? Ah...apa ya kata yang pas? Berbeda pendapat dengan kita? Iya, semacam itu, dulu dia begitu mudah untuk diberitahu. Melakukan hal-hal yang kita sampaikan padanya, namun akhir-akhir ini dia mulai mengacuhkan kita.

Ini yang saya alami sekarang, Hanin mulai menunjukkan kecuekkannya pada kami. Saya dan ayahnya. Dia tidak menentang apa yang kami sampaikan, manis mendengarkan. Tapi setelah itu, seperti dianggap angin lalu. Berlalu begitu saja. Misalnya ketika saya minta untuk segera mandi karena waktu sudah mulai senja, dulu tanpa diminta jika sudah sore langsung berangkat mandi. Sekarang? Menjawab 'iya' tapi tidak beranjak dari tempatnya bermain. Terus asyik bersama teman-temannya.

Anak usia 6 - 7 tahun adalah masa dia menunjukkan ke'aku'annya. Sehingga anak ingin diakui sebagai pribadi yang bisa mengatur dirinya sendiri. Tanpa disuruh atau diarahkan. Ingin bergerak sesuai keinginannya. "It's me!"

Apa yang perlu kita lakukan sebagai orang tua? Ikuti. Biarkan anak bereksplor sesuai keinginannya asal masih dalam koridor yang benar dan tidak membahayakan dirinya. Membahayakan disini baik secara fisik maupun psikis. Awasi dan arahkan ketika mulai menyimpang. Berikan alasan yang tepat dan sampaikan dengan bahasa yang bisa diterimannya.

Hanin pun demikian, dia bisa diarahkan asalkan alasan yang saya sampaikan bisa diterima pemikirannya. Menyampaikan dengan bahasanya.

Anak adalah investasi dunia akhirat, semoga kita sebagai orang tua bisa mengarahkan ke jalan yang benar. Jalan menuju keberkahan.

#06/30DWCJILID6

Restanti
Restanti
Hi perkenalkan saya Restanti, seorang ibu yang ingin jadi guru utama bagi anak-anak, freelance Content Writer, dan juga blogger nubi. Segala yang berkaitan dengan profesionalitas sila tulis surel ke dwirestanti@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar