Jempol Untukmu!

Posting Komentar

"Ini Umi, ini Mbak Hanin, Abi, Mbah Ti, dan ini Mbah Kung," Hanin menunjuk gambar yang dibuatnya. Keluarga inti judulnya. Setahu Hanin, keluarga inti terdiri dari semua orang yang tinggal serumah dengannya.

Aku iyakan dengan memberikan acungan jempol. Sedikit memberi penjelasan bahwa keluarga inti itu hanya terdiri dari orang tua dan anak-anaknya saja.

Diluar dugaan, ia pun menyambung "berarti yo bener to, Mi. Mbah Ti, Mbah Kung, dan Umi" lalu menambahi "Mbak Hanin, Umi, sama Abi." Cerdas! Senyumku semakin lebar.

Ya, anak seusia Hanin. Sekitar 6 -  7 tahun memang pada masa perkembangan otak yang luar biasa. Milyaran syaraf otak yang sudah terbentuk mulai masa kehamilan sampai 5 tahun mulai tersambung di usia ini. Kapasitas otaknya sudah mencapai 95% berat otak orang dewasa.

Pada fase ini pematangan fungsi bagian otak digunakan untuk mengontrol gerak tubuh, berpikir,  dan berpresepsi. Frontal Lobisnya berkembang lebih cepat dimana pengembangan emosi, kedekatan, proses perencanaan dan daya ingat berada.

Maka disarankan untuk membangun kedekatan emosi dengan  memberikan apresiasi yang tepat dan tidak berlebihan sehingga hal ini akan mematangkan sikapnya nanti ketika mulai stabil. Pelukan dan pujian sangat berperan dalam pertumbuhan emosinya. Teriakan dan caci maki justru akan memberikan sinyal negatif dan tentu berpengaruh kemudian.

Cukup dengan "Jempol untukmu!" lebih baik daripada pemberian hadiah namun kita tak berada di sisinya. Tak heran, jika di Finlandia negara yang diakui sistem pendidikannya nomor wahid sedunia pemerintah memberikan cuti melahirkan sampai anak usia 2 tahun dan ibu mendampingi anak sampai usia 5 tahun.

Mengapa? Karena mereka tahu, di sinilah fase luar biasa perkembangan otak anak. Masa-masa kritis mau seperti apa anak kelak tergantung saat usia balita.

Demikian juga asupan makanan yang banyak mengandung asam lemak essential seperti AA,  DHA,  EPA, asam amino seperti L-glutamat, multivitamin yang terdiri dari vitamin  komplek,  vitamin B12, serta asam folat akan mengoptimalkan kerja fungsi bagian otak.

#14/30DWCjilid6

Restanti
Restanti
Hi perkenalkan saya Restanti, seorang ibu yang ingin jadi guru utama bagi anak-anak, freelance Content Writer, dan juga blogger nubi. Segala yang berkaitan dengan profesionalitas sila tulis surel ke dwirestanti@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar