Belajar sesuai Kebutuhan

Posting Komentar

Menurut Dr. Vernon A. Magnesen, 1983 bahwa seorang anak belajar :
1. 10% dari apa yang dia baca
2. 20% dari apa yang dia dengar
3. 30% dari apa yang dia lihat
4. 50% dari apa yang dia lihat dan dengar
5. 70% dari apa yang dia katakan
6. 90% dari apa yang dia katakan dan lakukan

Apa yang emak pikir dengan pernyataan di atas?
Tentunya emak akan melihat 90%nya kan? Bagaimana upaya kita sebagai orang tua agar yang dipelajari anak bisa terserap dengan baik. 90% kalau bisa. Begitu ya, mak?

Tidak ada yang salah,  sebuah harapan tentunya ingin yang terbaik diantara yang baik. Tinggal bagaimana cara kita untuk mewujudjan harapan tersebut.

Jika kita menginginkan hasil belajar anak mencapai 90%, apa yang kita lakukan? Apa maksud dari "90% dari apa yang dia katakan dan lakukan"? Belajar sambil mengatakan dan melakukan, begitukah?
Menurut Prof. Howard Gardner bahwa setiap anak terlahir dalam keadaan pintar di bidangnya masing-masing, yang beliau sebut dengan multiple intelligences.

Jadi, apa yang sering anak katakan dan lakukan adalah pelajaran yang paling mudah ditangkapnya. Artinya,  jika anak mempunyai kecenderungan terhadap suatu hal, kita asah potensinya di bidang tersebut. Sesuaikan apa yang harus dipelajarinya, mak. Pelajaran mengikuti potensinya, bukan sebaliknya.

Kalau diberikan gambaran mudahnya, emak suka membuat soto, maka mak akan cari bahan-bahan yang dibutuhkan membuat soto apa saja. Bukan, adanya bahan rawon, namun mak ingin buat soto. Sampai kapan pun juga tidak akan tersaji soto 100%, yang ada masakan rawon tapi dalam angan-angan membayangkan soto. Enak tidak, mak?
Tentu tidak. Begitu pula dengan anak. Jika kecenderungannya menjadi seorang yang aktif di lapangan, apakah bisa jika pendidikannya mengharuskan dia di dalam ruangan. Kalau dipaksakan memang akan tetap bisa, mak. Tapi apakah mak suka dipaksa? Jika tidak,  tentunya anak pun tak suka dipaksa.

Di sinilah perlunya belajar efektif. Belajar yang sesuai dengan keinginan sehingga berhasil guna. Apa yang dipelajari mendukung apa yang ingin dicapai. Belajar sesuai kebutuhan.
Ingat ya, mak. Sesuai kebutuhan.

#30DWCjilid5
#Day25

Dwi Restanti
23.43
6/5/17

Restanti
Restanti
Hi perkenalkan saya Restanti, seorang ibu yang ingin jadi guru utama bagi anak-anak, freelance Content Writer, dan juga blogger nubi. Segala yang berkaitan dengan profesionalitas sila tulis surel ke dwirestanti@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar