Waktu Asyik Buat Belajar

Posting Komentar

Selasa,  tanggal 2 Mei 2017 saat yang menegangkan bagi siswa kelas IX SMP. Mulai hari itu,  mereka akan berjuang selama 4 hari untuk mengerjakan soal-soal ujian nasional.

Apa kabar Mak? Apa sudah siap mendampingi anak-anak ujian?
Harus siap, dong! Apa pun yang terjadi,  seorang emak harus mendampingi anaknya. Apa saja yang sudah mak lakukan? Mendampingi dan menemaninya belajar?

Salut untuk emak-emak yang sudah meluangkan waktu menemani anak belajar. Bentuk kasih sayang dan perhatian yang luar biasa. Sat-saat seperti inilah, kehadiran emak sangat berarti bagi mereka. Anak kita.

Tahukah mak,  ternyata ada waktu-waktu asyik buat belajar lho. Waktu dimana kondisi tubuh dalam keadaan siap menerima ilmu sehingga dengan sangat mudah ilmu yang dipelajari bisa masuk ke otak.

Mau tahu,  mak?
Berikut adalah waktu asyik buat belajar menurut Imam Ibnu Jama'ah dalam kitab Tadzkiratus Sami' Walmutakallimin :
1. Waktu sahur
Sebelum sholat subuh, mak. Atau kalau terbiasa sholat tahajud,  setelah sholat tahajud sampai menjelang waktu subuh. Mengapa? Karena waktu ini sangat efektif untuk menghafal. Membaca buku akan terasa ringan dan ilmunya mudah menancap ke otak. Tubuh juga dalam kondisi paling fresh setelah istirahat.

2. Waktu pagi
Waktu matahari mulai bersinar sampai waktu dhuha habis, sekitar pukul 10 pagi. Mengerjakan latihan soal akan sangat efisien, karena pada waktu-waktu ini hormon stres sangat cukup, sehingga akan lebih fokus.

3. Siang
Setelah dhuhur, sambil merehatkan tubuh, bisa menulis hal-hal yang ringan. Namun disarankan untuk istirahat. Tubuh dalam kondisi perlu pemulihan tenaga.

4. Malam
Malam hari sebelum pukul 20.00 sebaiknya mengulang pelajaran hari ini. Dengan mengulang sebelum tidur diharapkan memori terakhir yang tersimpan adalah ilmu pelajaran,  sehingga saat sahur bisa mudah untuk membuka lagi memori tersebut. Dan tentunya semakin mudah saat akan menuliskannya dalam bentuk jawaban soal.

Demikian, mak... waktu-waktu asyik buat belajar. Diterapkan yuk!
Semoga anak-anak kita lancar dan sukses ujiannya.

Salam Super Emak!

#30DWCjilid5
#Day20

Dwi Restanti
22.21
30/4/17

Restanti
Restanti
Hi perkenalkan saya Restanti, seorang ibu yang ingin jadi guru utama bagi anak-anak, freelance Content Writer, dan juga blogger nubi. Segala yang berkaitan dengan profesionalitas sila tulis surel ke dwirestanti@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar