Anak Modus

Posting Komentar

Baru saja baca di dinding facebook teman yang menceritakan  bahwa tetangganya ada yang kehilangan anaknya.  Setelah  diusut,  ternyata anak usia kela 5 sekolah  dasar itu pergi dari rumah setelah  sehari sebelumnya  dimarahi kedua orang  tuanya karena sepulang  sekolah  langsung  main dan baru pulang puku 18.30. Anak ini dimungkinkan sengaja pergi dari rumah,  mengingat ada yang melihat berjalan keluar rumah sambil membawa tas,  doduga berisi baju.

Apa yang mendorong  ana usia SD nekat pergi dari rumah karena dimarahi orang tua? Jaman dulu,  anak dimarahi orang tua itu hal yang dihindari,  kalau  tidak mau dimarahi ya harus nurut kata orang tua. Kalau  toh tetap dimarahi  ya didengarkan.

Sekarang??? Banyak  orang  tua yang  takut memarahi anaknya karena  takut anaknya judtru memberontak. Mengapa? Tak lain dan tak bukan,  hal ini sedikit  banyak dipengaruhi oleh faktor lingkungan.  Baik secara langsung  atau tidak  langsung.

Secara  langsung  misalnya,  lingkungan bergaul anak.  Misal terbiasa  bergaul  dengan anak jalanan  maka pola pikirnya juga seperti anak  jalanan. Atau  sering bergaul  dengan anak  yang jobi nonton  sinetron,  maka ya akan memodelingkan tokoh dalam  sinetron  tersebut.

Secara  tidak langsung,  misalnya tv,  hp,  media sosial  dan banyak  yang lain.

Keduanya mempunyai  pengaruh  yang sangat besar dalam  pergaulan  anak. Maka,  pintar-pintarnya kita sebagai orang tua untuk  mengarahkan  dan mendampingi anak.

Semoga  kita bisa  menjadi orang  tua  yanf bijaksana.

Dwi Restanti
21.20
29/9/17

Restanti
Restanti
Hi perkenalkan saya Restanti, seorang ibu yang ingin jadi guru utama bagi anak-anak, freelance Content Writer, dan juga blogger nubi. Segala yang berkaitan dengan profesionalitas sila tulis surel ke dwirestanti@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar