3 Kata Ajaib #2

Posting Komentar

Kemarin  kita sudah memaparkan contoh penggunaan kata "tolong"  saat meminta anak melakukan  sesuatu.

Sekarang,  kita ambil contoh kata "maaf"  ya...

Saya pernah lupa menepati janji kepada anak saya ketika ia lulus ujian hafalan Al Quran.  Saya menjanjikan mengajaknya ke alon-alon kota waktu akhir pekan.  Ternyata hari Sabtu sore turun hujan,  akhirnya  tidak jadi lergi,  dan sayangnya saya juga lupa kalau ada janji.  Senin dia menagih,  "Mi,  katanya kalau mbak Hanin lulus main ke alon-alon?" tanyanya yang juga merupakan bentuk protesnya.  Astagfirullah.....  "eh iya mbak,  maaf ya ummi lupa,  dan Sabtu memarin turun hujan juga ya.  Sabtu depan bagaimana?"
"Nanti hujan lagi? " keluhnya
" Kalau hujan,  insya allah  Minggunya ya?  Tolong  juga,  ummi diingatkan ya? " akhirnya  Hanin tersenyum.

Contoh diatas,  kalau kita memang melakukan kesalahan ya bund,  kalau tidak melakukan kesalahan,  bagaimana  contoh penggunaan kata  maaf?

Kalau kita tidak melakukan kesalahan pada anak,  kata maaf ini bisa digunakan saat anak tidak meletakkan sesuatu pada tempat yang semestinya.
Misal "maaf mas Arka,  tolong sepatunya diletakkan di rak sepatu ya!" atau,
"mas Arka,  sudah minta maaf ke nenek belum karena memecahkan vas bunga?"

Kata maaf ini,  kita ajarkan agar anak tahu kalau dia melakukan kesalahan baik sengaja atau tidak tetap harus minta maaf.  Anak adalah peniru yang ulung,  maka dia akan meniru apa saja yang kita alakukan.  Kalau kita mau minta maaf kepada dia saat kita salah,  maka dia akan mengambil pelajaran bahwa kepada siapapun (meski yang usianya lebih muda) kalau melakukan kesalahan ya harus minta maaf.

Semoga kita bisa menjadi role model yang baik untuk  anak-anak di sekitar kita.

Dwi Restanti
10.06
29/3/17

Restanti
Restanti
Hi perkenalkan saya Restanti, seorang ibu yang ingin jadi guru utama bagi anak-anak, freelance Content Writer, dan juga blogger nubi. Segala yang berkaitan dengan profesionalitas sila tulis surel ke dwirestanti@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar